Total Tayangan Halaman

Jumat, 30 Desember 2011

Alay atau Ababil <<<--- WARNING !!!

hey guys,
sekedar mau beropini sajaaa dan berbagi pengalaman ,
alay atau ababil? ..
Disini gue bakalan beropini dan curhat mengenai kedua sikap para kaula muda di negeri ini yang lagi jadi trending topic di duma (dunia maya).
Tapi sebelumnya bagi yang merasa punya penyakit ‘hati’ jangan membaca ini, dijamin bakal kambuh 
yang pertama adalah alay,
kalian pasti sudah pada tau bukan apa itu alay? yoii, anak lebay gitu lhooo..
lebay itu sesuatu yang berlebihan dan terkesan norak ^_^
berdasarkan survey gue, alay itu terdiri dari tiga golongan.
Golongan alay gaya ngomong/tulisan, alay sikap, dan alay pola pikir.

1. alay gaya ngomong/tulisan >>> alay jenis ini paling gampang terindikasinya yaitu lewat gaya menulis dan gaya ngomongnya yang sok imuuut dan sangat sangat berlebihaan, biasanya alay jenis ini banyak di dominasi para pelajar yang masih SMP dan SMA.
Dijamin deh, kalian pasti nemuin sejenis alay kayak gini di beranda facebook kalian. Contohnya kayak salah satu jenis status orang di beranda FB gue "nTaR cOyE jaYan" acH tApHi amHa cAphA zAa ?" bagus kan tulisannyaa? pikir gue, kenapa enggak pake CAPSLOCK semuanya ini tulisan yaa, biar ada yang ngajakin jalan-jalan gituu, kan kasihaan bingung mau jalan-jalan tapi kagak ada temennya (hahahaaa)
Paling males lagi kalo ada anak yang lagi PBB (Punya BB Baru), beeuuh alay gilaaa kalo nulis emotion atau lagi koment, tulisannya itu kayak gini nih >>> H ᶟ H € H ᶟ H €…… ₭∆¥∆₭ ∆Mῠ ᶟ ( ͮ___ ͮ) <<<< Hadeeehhh gue itu udah tau kalo BB elo itu baruuu, enggak usah pamer gituu deh ahhh , ngerusak pemandangan dan ngebacanya juga mesti pake kacamata kuda #ups ikutan lebay (wkwkwkwkwkwkwk) Ngapaaain siih pada liatin bangeet kalo nilai pelajaran Bahasa Indonesia kalian itu dapet angka delapan di belah, maluu ahh maluuu … Padahal kan waktu SD-SMP-SMA udah diajarin kan nulis pake bahasa Indonesia dengan baik dan benar, kenapa mesti sengaja nulis gituuu? (just kidding, hahahaaaa) .. 2. alay sikap >>> lebih menuju ke sikap childish dan manja. Biasanya terlihat dari cara berucap, berpakaian yang enggak wajar dan cenderung suka caper kalo di lihat secara live, tapi kalo pengen tau dari status-status gak jelas di FB atau twit bisa di lihat kayak gini nih → aku enggak kuat nahan sakit inii, badan aku remuuk  ← kalo orang yang namanya sakit dan badannya udah sampe remuk logikanya pasti dia gak bisa deh ngetik status, boro-boro sempet buat status, badannya ajaa remuuk kok (-.-“). Kelihatan banget deh pengen di perhatiin sama khalayak umum (hahaaaa). Terus juga bisa dilihat dari orang-orang yang isi statusnya semuaa kegiatannya sehari-hari, mulai bangun tidur sampai mau tidur semuanya di update ← ngelebihin artis hollywood 

3. alay pola pikir >>> alay jenis yang satu ini sangat sensitive buat diomongin, Tanya kenapa? Karena berhubungan dengan tingkat kedewasaan seseorang. Kalo menurut gue nih, alay jenis ini itu dapat di lihat dari cara dia yang membesar-besarkan masalah kecil dan cenderung lebih suka mengeluh di duma (dunia maya). Hadeeehhh, hidup kok dibuat susah dan suka ngeluh sii guys… ! Selain itu, kalo buat status isinya itu tentang cinta-cintaan mulu dan suka ngegalau teruuuss … Berantem sama pacar | enggak suka sama sikap pacar | lagi seneng sama pacar, semuanyaa di kupas tuntas di status ← Kasihaan pacarnyaaa (kayak pacar guee duluu doong yang suka gue aniaya lewat status alay gue , maaf)

Kemarin gue juga termasuk alay jenis dua dan tiga kok guys, tiap hari bisa update status sampe 5x lhooo.. Dilihat dari nama akun fb gue jugaaa alay bangeeeett kan (Pyietha Loverezpectandunity ), Paraaah baaangeeett lah pokoknyaaaa… Tapii setelah gue berpikir dan setelah ada yang nyadarin gue akan ke alay_an gue yang sangat sangat merusak kornea mata juga saraf orang, gue jadi sadaar …!! Apalagi umur gue sekarang udah kepala Duaa, maluu samaaa umur …

Gue ngerti bangeet kenapa elo2 pada bersikap alay di dunia maya, pasti pada seneng kan kalo status elo banyak yang ngoment atau ngelike atau juga ngeretweet. Karena gue pun dulu juga gituuu, rasanya itu bahagiaaa bangeet kalo status banyak yang ngelike atau ngoment dan tandanya orang2 pada care sama kita ← Pendapat gue pas masih jadi alay sii …

Kalo pengen ngeluh atau curhat bisa kok ke temen-temen eloo, atau paling enak curhat sama Tuhan, enggak perlu diumbar ke khalayak umum.→ Apalagi kalo isi status kita berhubungan sama seseorang, ngumpat-ngumpat orang , pasti orang itu sakit ati deh kalo baca.. Kalo ada masalah/marah sama orang juga gak perlu nyindir lewat status, itu kekanak-kanakan bangeeett guys, mending ngomong langsung sama orangnya ,biar cepet kelar masalahnya ← gue yakin elo semua kalo di giniin sama orang pasti sakit hati kan? Makanya jangan gituin orang dulu kalo gak mau di gituin orang (itu bisa disebut “karma”).

Akan lebih baiknya jika fb atau twit itu di pake buat berbagi informasi | sharing (yang bermanfaat) , bukan malah dipake buat nyebarin aib orang ataupun kita sendiri ←just my opinion  (dalam hati elo yang baca pasti bilang gini “terserah gue dong, fb sama twiit gue ini kok. Kalo gak suka tinggal remove atau unfollow aja, gampang kan”) hahahaaaa … itu pun jawaban gue kemarin pas masih alay ketika ada yang negur gue, dan setelah gue pikir gak ada untungnya juga ngumbar masalah / aib / emosi ke khalayak umum toh juga yang jadi friend di fb itu juga temen kita atau malah banyak yang gak kita kenal, apa gak malu kalo semua orang tau masalah/aib kita?? Apalagi ngumbar aib sesama sodaranya, itu kan dosaa (udah diterangin di firman ALLAH, “barang siapa yang menyebar aib sodaranya, maka ALLAH tidak akan menutup aibnya di akhirat nanti”). Kalo mau minta pendapat dari temen kan bisa lewat sms atau telpon guys, gak perlu curhat ke semua orang kok (nunjukin bangeet kalo kita itu masih ababil dan butuh perhatian ). Ngomongin soal Ababil, sikap alay juga mengarah ke Ababil lhoo kalo terlalu terekspos..


Ababil <<< ABG labil >>>



Ababil itu sikap yang plin-plan, gak punya prinsip, ngikut sana sini, kekanak-kanakan, dan yang kelihatan banget itu lebih menuruti emosinya ketimbang logikanya. Kalo di tegur dikit, langsung marah dan gak instrospeksi diri dulu. Dan kalo nyelesein masalah pasti pake emosi, pokoknya jiwanya itu labil bangeet deh ← Kayak gue bangeeeett (kemarin ). Selain itu ababil juga, sukanya nge_galau masalah cinta, yang ada di pikirannya Cuma cinta cinta dan cinta, sukanya juga marah-marah gak jelas, bawaanya itu kacau kalo di lihat, nunjukin banget kalo gak dewasa.

Pasti elo semua gak terima kan kalo dibilang gak dewasa? ← Persis gue dulu  ,tapi emang bener kok guys, sikap kayak gitu nunjukin banget kalo kita gak ada dewasa2 nya sama sekali. Dewasa itu lebih banyak introspeksi diri sebelum menyalahkan orang lain, dewasa itu bersikap tenang dalam ngadepin apapun, dewasa itu memandang suatu masalah gak Cuma dari satu sudut pandang saja, dewasa itu talk less do more, dewasa itu mampu menempatkan dirinya dalam suatu keadaan/lingkungan apapun, dewasa itu menghormati dan menerima segala perbedaan, dewasa itu gak pake emosi kalo nyelesein masalah, dewasa itu sportif dan dewasa itu punya prinsip & mandiri. Paling gampang itu dewasa bisa dibilang Low Profile & Being Humber.

Gue yakin kok elo semua yang masih jadi ababil, pasti bakal berubah seiring elo semua nemuin yang namanya ‘masalah hidup’ , semakin elo di coba sama Tuhan semakin elo mengerti hidup (kalo elo lolos cobaan Tuhan ). Gue akuin susah banget buat jadi dewasa, dewasa itu enggak Cuma di mulut tapi lebih ke sikap juga cara berpikir kita. Kita dituntut buat menjadi manusia seutuhnya, yaitu manusia yang memanusiakan manusia lainnya  . Manusia memang tidak ada yang sempurna kok, tapi manusia kan di beri Tuhan akal buat berpikir, akal diciptakan buat manusia mengendalikan nafsu. So, apa salahnya berusaha menjadi manusia yang lebih baik 

Berdasarkan pengalaman gue, paling gampang buat menuju kedewasaan adalah ketika elo dihadepin pada masalah, tapi elo mendekatkan diri pada Tuhan. Dijamin, yang tadinya elo pengen marah-marah dan nyalahin semua orang jadi 180° berubah lebih introspeksi ke diri elo sendiri dan menjadi lebih ikhlas dan sabar. Meskipun setiap masalah yang dihadapin tiap orang berbeda-beda tingkatannya, tapi Tuhan kita tetep satu kan. So, gag ada salahnya di coba , toh juga gak ngejatuhin harga diri kalian kan 

῏ Finally, gue minta maaf guys buat opini yang gak penting ini , gue jadi manusia gak pernah merasa diri gue selalu benar, karena gue itu Cuma manusia dan Kebenaran itu semata-mata hanya milik ALLAH.
Gue Cuma pengen berbagi pengalaman aja kok, gak bermaksud menggurui ataupun mengajari, soalnya gue bukan calon Spd (Sarjana Pendidikan) siii ,hahahahahaaa
Hidup ini indah jika kita pandai memaknai setiap masalah yang kita hadapi. Sabar dan Ikhlas adalah kuncinyaaa 

So, let’s go to revolution 2012. Hope will be best person and keep low profile & being humber

2 komentar: