Total Tayangan Halaman

Kamis, 05 Mei 2011

my notes about live

Karya Rendra : Puisi Indah dari Rendra

Sering kali aku berkata ,ketika orang memuji milikku ,
bahwa sesungguhnya ini hanya titipan ,
bahwa mobilku hanya titipan-Nya ,
bahwa rumahku hanya titipan-Nya ,
bahwa hartaku hanya titipan-Nya ,
tetapi mengapa aku tak pernah bertanya ,mengapa Dia menitipkan padaku ?
Untuk apa Dia menitipkan ini padaku ?
Dan kalau bukan milikku ,apa yg harus ku lakukan untuk milik-Nya ini ?
Adakah aku memiliki hak atas sesuatu yg bukan milikku ?
Mengapa hatiku justru terasa berat ,ketika titipan itu di minta kembali oleh-Nya ?
Ketika di minta kembali ,ku sebut itu sebagai musibah .
Ku sebut itu sebagai ujian ,ku sebut itu sebagai petaka ,
ku sebut dengan panggilan apa saja untuk melukiskan bahwa t adalah derita .

Ketika aku berdoa ,ku minta titipan yg cocok dg hawa nafsuku ,
aku ingin lebih banyak harta ,
ingin lebih banyak mobil ,lebih banyak rumah ,lebih banyak popularitas ,
dan ku tolak sakit ,ku tolak kemiskinan ,
seolah semua derita adalah hukuman bagiku .
Seolah keadilan dan kasih Nya harus berjalan seperti matematika ,
aku rajin beribadah ,maka selayaknyalah derita menjauh dariku ,
dan nikmat dunia kerap menghampiriku .
Ku perlakukan Dia seolah mitra dagang ,dan bukan Kekasih .
Ku minta Dia membalas perlakuan baikku ,dan menolak keputusanNya yang tak sesuai keinginanku ,

Gusti ,padahal tiap hari ku ucapkan ,hidup dan matiku hanyalah untuk beribadh ,
ketika langit dan bumi bersatu ,bencana dan keberuntungan sama saja .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar